GuidePedia google-site-verification: google945c6101390782af.html

0

Yahoo.com - Bingung gaji bulanan seringkali habis tak tersisa? Yang parahnya pertengahan bulan kita sudah teriak - teriak karena gaji sudah habis. Sering alasan kita adalah sekarang serba mahal, sehingga gaji kita tidak cukup untuk membiayai pengeluaran bulanan kita.
Sebelum menyalahkan itu semua kita harus cek atau periksa dulu, apakah benar itu semua alasannya gaji kita selalu habis? Ataukah pengaturan pengeluaran kita yang salah sehingga gaji kita selalu kurang. Padahal jika kita ingat sebelumnya bahwa gaji kita lebih kecil toh semuanya cukup - cukup aja. 
Nah, agar kedaan ini tidak terus - menerus merugikan kita, ada beberapa tips yang perlu sama - sama kita pelajari.

Nabung Dulu Jangan Tunggu Sisa - sisanya
Kebiasaan yang kita lakukan adalah menabung ketika gaji sudah mau habis. Yuk sama - sama kita rubah kebiasaan tersebut. Jadi mulai gajian bulan depan dan seterusnya kita tabungin terlebih dahulu baru sisanya kita bisa pergunakan. Caranya bisa buka tabungan baru yang tanpa menggunakan ATM atau bisa mengikuti program rencana tabungan yang hampir ada disetiap bank.
Budgeting adalah KEHARUSAN
Nah yang ini rada ribet tapi kita harus lakukan ini. Tiap awal bulan kita harus membuat budgeting yang rapi agar pengeluaran kita bisa terkontrol. Pisahkan antara hutang, cicilan, tabungan dll. Jadi masing - masing ada porsinya sendiri.

Disiplin Dalam Perencanaan Keuangan
Jika langkah kedua kita sudah laksanakan dengan sebaik - baik mungkin maka langkah ini seharusnya bisa kita lakukan. Kita harus disiplin dalam pengeluaran, jika jatah atau bagian kita untuk bersenang - senang sudah habis jangan memaksakan untuk menggunakan simpanan kita atau bagian yang lain.
Belanja Sesuai Kemampuan
Berbelanjalah sesuai uang yang kita punya perbulannya dan belanjalah sesuai kebutuhan. Bukan berdasarkan uang atau bonus yang kita terima. Jangan mengeluarkan untuk keperluan yang tidak penting dan mendapatkan uang extra setelahnya.

Jangan Meremehkan Uang Receh
Kita seringkali menerima uang kembalian dari swalayan atau yang lainnya. Coba deh kita sediakan dompet khusus untuk menyimpan uang tersebut, saya yakin suatu saat uang tersebut berguna untuk kita, misalnya untuk bayar parkir atau biaya kecil yang tidak terduga.

Buat Dana Cadangan
Jika Sobat mampu untuk melakukan ini lebih baik di lakukan karena dana ini diperuntukan untuk sesuatu yang tidak terduga, misalnya kondangan, atau sakit mendadak

Investasi
Investasikan gaji kita dengan mengikuti asuransi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Dengan cara ini sama saja seperti kita menabung disiplin. 
Nah, sudah semua deh kalo begitu. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

 
Top