GuidePedia google-site-verification: google945c6101390782af.html

0


Dengan pelajaran ini, saya akan menjelaskan kepada Sobat bagaimana membuat animasi photo slide show di flash menggunakan beberapa trik flash khusus. Sobat tidak harus menggunakan kode action script untuk membuat pelajaran ini. Dengan pelajaran ini, Sobat juga akan belajar bagaimana cara mengimpor foto apapun ke dalam tahap flash, bagaimana selaras dengan latar belakang flash, bagaimana menghidupkan dan banyak lagi. Sobat dapat menggunakan photo slide show sederhana untuk beberapa banner web atau hanya untuk presentasi.

Step 1.
Langkah pertama Sobat tinggal cari gambar yang Sobat suka

Step 2.
Buat dokumen flash baru. Tekan tombol Ctrl + J pada keyboard (Dokumen Properties) dan atur dimensi Flash Sobat sesuai dengan ukuran foto atau sebaliknya. Pilih salah satu warna sebagai warna latar belakang. Frame rate Set Flash film Sobat ubah ke 38 dan klik ok.

Step 3.
Ubah nama layer Sobat sebagai contoh Photo 1.

Step 4.
Pilih File --> Import --> Import to Library. Lalu akan muncul jendela baru. Sekarang Sobat tinggal cari beberapa photo yang akan digunakan, jika sudah klik OPEN. Sekarang buka jendela Flash Sobat dengan menekan CTRL + L, nah sekarang Sobat dah bisa liat photo yang Sobat import tadi.

Step 5.
Sekarang pindahkan photo pertama Sobat dari Library ke Stage

Step 6.
Photo masih dalam keadaan terseleksi, masuk ke panel Align (CTRL+K) dan ikuti langkah ini :
  • Pastikan Align/Distribute to Stage Button dalam keadaan aktif
  • Klik Align Horizontal Center
  • Setelah itu klik Align Vertical Center. Lihat gambar di bawah :

Step 7.
Masih dalam keadaan photo terseleksi tekan F8, disini kita akan men-convert photo menjadi symbol. Untuk nama terserah Sobat sedangkan untuk Type pilih yang Movie clip. Lihat contoh dibawah:


Step 8.
Sekarang kita sudah mulai masuk dalam animasi. Pilih frame 50 dan 60 tekan F6 atau klik kanan pilih insert keyframe. Klik frame 60 dan klik juga photo Sobat dengan menggunakan Selection Tool (V) kemudian masuk ke dalam menu Propeties Panel yang berada di bawah stage atau tekan CTRL+F3. Pilih tab Filters, klik icon "plus", pilih Adjust Color Filter. Lakukan seperti contoh di bawah ini:


Step 9.
Kembali ke frame pertama dan ulangi Step 8.

Step 10.
Klik kanan antara frame 1 dan 50 serta 50 dan 60, pilih Create Motion Tween.

Step 11.
Sekarang kita masuk kelayer 2. Buat layer 2 dan namakan layer tersebut. Setelah selesai sekarang klik frame 60 dan tekan F6, pindahkan photo ke dua Sobat dari Libaray panel ke stage.

Step 12.
Ulangi Step 6 dan Step 7 dengan photo terseleksi terlebih dahulu.

Step 13.
Klik frame 110 dan frame 120 Insert Keyframe dengan klik kanan atau tekan F6. Pilih frame 120 dan ulangi Step 8 kembali ke frame 60 dan lakukan hal yang sama.

Step 14.
Akhirnya kita masuk ke langkah terakhir. Create Motion Tween antara frame 60 dan 110 serta antara 110 dan 120.

Selesai sudah flash animasi pertama kita!! Untuk melihat hasilnya Sobat tinggal tekan Ctrl+Enter. Semoga berhasil dan bermanfaat..

Download filenya Disini

Post a Comment

 
Top