GuidePedia google-site-verification: google945c6101390782af.html

0
Taukah Sobat semua dengan menggosok gigi secara teratur dapat mencegah serangan jantung? Menurut para ilmuwan tidak menggosok gigi dengan benar dan teratur dapat menyebabkan masalah jantung yang fatal. Yang menyebabkan itu semua adalah banyaknya bakteri dimulut kita yang menyebabkan pembekuan darah sehingga dapat memicu kondisi aneh endokarditis infektif yang mengancam.


Pada konferensi Masyarakat General Microbiology, para peneliti menjelaskan bagaimana bakteri yang dinamakan streptokokus Gardoni dapat memasuki aliran darah melalui gusi yang berdarah. Di dalam darah kita bakteri tersebut dapat memicu pembekuan darah. Celakanya bakteri tersebut tersembunyi di dalam gumpalan - gumpalan beku, yang mengakibatkan terlindungi dari sistem kekebalan tubuh dan antibiotik.

Jika gumpalan - gumpalan beku itu tumbuh berada pada katup jantung, hal ini yang dapat menyebabkan endokarditis infektif dan ketika katup jantung terinfeksi dapat menyebabkan kerusakan serius dan fatal. Para ilmuwan dari Bristol University dan Royal College of Surgeons di Dublin berharap akan dikembangkannya obat baru untuk mencegah pembekuan darah dan endokarditis infektif (mudah - mudahan aja cepat terlaksana).

Sebuah studi 2010 menemukan kebersihan mulut yang buruk erat kaitannya dengan peningkatan risiko kondisi jantung lain seperti serangan jantung maupun stroke.

Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, mengatakan: "Temuan ini berkontribusi terhadap pemahaman kita tentang hubungan antara penyakit gusi dan penyakit jantung. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya menggosok gigi secara teratur.”

Oke Sobat, mulai dari sekarang sikat gigi yang benar dan teratur. Terimakasih dan salam sehat selalu..


Sumber : www.erabaru.net


Post a Comment

 
Top